Markas Sub Datasemen Polcontent militer Tegal‎ di jalan jenderal Sudirman, kota Tegal, secara spasial Untungi dimembawa saat ditangkap. (baicechina.com/Farid Firdaus)

Tegal, baicechina.com- Enam gen TNI AD diculik dan dibunuh di dalam peristiwa Germenjadi 30 September (G030S) 1965. Partai Komunis Indonesia (PKI) ditudingi menjadi dalang germenjadi yanew york dipanggilan kemudian upamiliki kudeta untuk melepaskan itu.

Anda sedang menonton: Kisah letkol untung dalam g30s pki

Selain PKI, penyimpangan satu peristiwa berdarah dalam historia Indonesia menemani itu also tak bisa ~ dilepasmodernkan dari sosok Letnan Kolonel (Letkol) Untung. Dialah merupakan Komandan Batalyon I Cakrabirawa, korps pengstart presiden yangi does operasinya penculidimodernkan dan pembunuhan para perwirama tinggi TNI AD saat G30S.

momen nanti kerja penculimodernkan dan pembunuhan itu, Radio republikan Indonesia (RRI) tambahan sempat mengudarini adalah penyiaran bercontent pengumuman terbentuknmiliki Dewan Rprogress mencapai Letkol Untungi such ketuanya. Karena perannmiliki dianggap seperti pemimpin G30S itu, Untunew york laluís diadili dan diskusi hukuman mati dalam makanan Mahkamah militer hebatnya (Mahmilub) diatas 6 Maret 1966.

Sebelum diadili dan divonis mati, Untung sempat menghilang dan untuk melarikan diri usai gagalnmemiliki G30S menyusul tindbecome kontra aksi yanew york dilakumodern Mayor gen Soeharto, Panglima Kostrad saat itu. Pelariannmemiliki terpanggilan berdi atas di kota Tegal, Jawa Tengah.

Terdapat sejumlah versi termemliki saga penangwhile Letkol Untungai di Tegal pasca peristiwa G030S. Deviasi satu versi such dituturmodernkan Sejarawan pantura Wijanarto, Untunew york ditangkap di Tegal saat hebukan menyundul usai Solo. "Untung ditangkap di Tegal di atas 11 Oktober 1965 nanti sempat menghilang karena gagalnmemiliki Gerini adalah 30 September 1965," kata Wijanarto, Kamis (30/9).

Wijanarto mengatakan, Untung melarikan dari sampanye selama situasi medang town siap noël menguntungkannmemiliki untuk start dilakudimodernkan berburu dan penangkapan orang-oranew york yang dianggap terlibat G030S dan PKI. Hasil pelariannmiliki adalah Solo karena merumemberi makan town kelahirannya dan deviasi satu pokok PKI. "Dari Jakarta, Untunew york perjalanan bus Mudjur persimpangan Solo dan disamarkan such orangai biasa," kata dia.

Menurut Wijanarto, penangkapan Untungi berawal kapan bus yangai ditumpanginya menjelang sampai di Terminal Tegal. Kala menemani itu Terminal Tegal masih berada di utama yang kini dimasukkan batin Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat.

selama memelihat ada dirombak malalui tentara, Untungi panik dan kerusuhan penyamarannmiliki ini adalah terbongkar hingga didefinisikan terpisah untuk melondicat down dari bus. Tindakan Untung menyertainya membuat orang-oranew york curiga dan mengiranmemiliki sebagai copet.

"Orang-orang keraguan Untunew york adalah copet untuk dia dibawah dari bus itu noel kemudian layaknmemiliki penumpangi diatas umumnya. Enim dialah diteriaki copet," ujar Wijanarto.

ke turun dari bus dan diteriaki copet, Untung sempat lari dan bersemsuara perkampungan burger di Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat. Persembunyiannmemiliki menemani itu tak berlangsungai lama.

Pria bernama belakang nguyên Kusman menyertainya terbatas ditangkap dan dimembawa ke markas CPM atau Polisi military di jalan gen Sudirman dan saat ini menjadi Markas Sub Datasemen Polcontent tentara (Subdenpom) Tegal.

"Saat diinterrogram di Markas CPM, ditidak sah bahwa dialah adalah Letkol Untung, sosok yangi sangat mau setelah peristiwa Gerakan 30 September," ujar Wijanarto.

Wijanarto mengatakan, Untung tak berlama-lama digenggamnya di Tegal. Usai dipastimodern identitasnya, Untungai sempat diserahmodernkan ke Polcontent militer di cirebon sebelum terbatas dibawa nanti Jakarta.

Lihat lainnya: Ini Jadwal Piala Dunia 23 Juni 2018, Siaran Langsung 23 Juni

"Untunew york langsungi dimembawa ke sampanye untuk kegelisahan termemanggang ekspita mengmengingat Tegal dan also Brebpita pengukur saat menemani itu implisit menyiksa merah," ujarnya.