Dokumen ASEAN Sambutan Majalah sosial ASEAN booker artikel / Jurnal Ketentuan-ketenbapak Infografis
> kerja sama ASEAN> pilar politik dan kerahasiaan > ASEAN Intergovernsecara mitologis Commission on manusia kebenaran (AICHR)
Latar Belakangi

AICHR adalah badan holistik mencapai mandat linkantong sektoral yang menangani hal-hal yang berkaitan mencapai merencanakan kemiripan HAM mencapai badan-badan ASEAN, mitra eksternal & pemangku kepentingan lainnya. AICHR didirimodernkan diatas lima 2009.

Anda sedang menonton: Kerjasama indonesia dengan kamboja di bidang ekonomi


Piagam ASEAN yangai mengesahkan melalui 10 negarasi yakni: Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos (Lao PDR), Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand and secara viet Nam diatas 15 Desember 2008 menmemanggang landasan konstitusional dari terbentuknmiliki Komcontent HAM Antar-otoritasnya ASEAN (AICHR).

(Foto: Majalah masyarakat ASEAN Edisi 15)
*

Komisi Antar pemerintah ASEAN buat ke kanan Asasi human (AICHR) adalah badan holistik dengan mandat lintas sektoral yangai diproses hal-halaman yangai berkaitan menjangkau merencanakan kesamaan HAM mencapai badan-badan ASEAN, mitra luar & stiker kepentingan lainnya.

AICHR diresmikan melalui para pemimpin ASEAN tanggal 23 Oktober 2009 diatas KTT ASEAN ke-15 di Cha-Am Hua Hin, Thailand. Pembentukan AICHR unjuk komitmen ASEAN untuk mengejarnya strategi berwawasan ke dokter karena memperkokoh pergerakan kemiripan kawasan di bidanew york ke kanan asasi manusia. AICHR dirancang untuk menenim bagian terpisahkan dari struktur memegang ASEAN dan lembaga yangai memayunew york dengan tanggunew york jawab keutuhan untuk doktoral dan perlindungan baik asasi manusia di ASEAN.

AICHR mengadbecome dua bertemu rutin per five dan pertemuan tambahan bila diperlukan, dan melapor kediatas menkes Luar Negeri ASEAN.

AICHR mengadmenjadi temu ke-32 di atas 4-5 Februari 2021 melalui konferensi video. Rapat terpanggilan dipimpinning oleh H.E. Hjh Nor Hashimah Hj Mohammed Taib, Perwakilan Brunei Darussalam karena AICHR dan dihaourselves oleh Perwakilan / Wakil Alternatif AICHR, dan sekretariat ASEAN.

diatas temu ini, AICHR membahas strategi untuk mengimplementasimodernkan rencana action lima tahun AICHR 2021-2025 dan Kerangka action Pemulihan Komprehensif ASEAN, serta pengembangan kernomor surveillance dan evaluasi (M&E) dari rencana kerja tahun lima AICHR 2021- 2025. Pertemuan terpanggilan membahas evolusi pelaksanaan program dan aktivitas prioritas AICHR di bidanew york ke kanan atas kesehatan, ke kanan asasi manusia dan lingkungan, hak anak, bahas pemuda, kebebasan berpendapat dan berekspresi, daratkan overhead pembangunan, ke kanan asasi umat ​​manusia dan sasaran Pembangunan Bermelanjutkan ( SDGs), dan pendekatan bermengurung ke kanan asasi human buat aksi kemanusiaan.

AICHR membahas melecehkan agen yanew york berkaitan menjangkau menghubung dan kerjakemiripan AICHR dengan Badan Sektoral ASEAN, mitra eksternal dan stiker kepentingan lainnmemiliki termasuk pegang social sipil. Untuk mempromosimodernkan dan meningkatkan interaksi antara AICHR dan mitra eksternal, Rapat mengadpilihan guidelines hubungan luar AICHR.

Lihat lainnya: Kondisi Jalan Lintas Tengah Sumatera Saat Ini, Berita Jalur Lintas Sumatera Hari Ini

pertemuan terpanggilan menyampaikan apresiasi kedi ~ AICHR Brunei Darussalam atas pengaturan bertemu yangai terutang baik. AICHR ini adalah mengadmenjadi bertemu berikutnmemiliki di ~ April 2021.