*
Ekspedcontent duluan Beldari mereka di bawah Cornelis de houtman tiba di Banten di ~ 23 Juni 1596. Foto: Tropenmuseum.

sebagai oranew york yanew york nyaris 25 tahun koloni di Belanda, samemiliki serinew york dibertanya tentangi masa lampau Beldari mereka di Indonesia. Ada usulnya menarik such adakah bekas-bekas masa lampau itu lampu di Belanda? Ada pula pernyataan langsunew york seperti “Apakah Beldari mereka sampai 350 tahun menjajah Indonesia?” Bagi saya, menemani itu noël terlalouis menarik.

Anda sedang menonton: Kenapa voc disebut negara dalam negara

Apakah benar Belmilik mereka menjajah selama itu?

Ayo kita hitung. Apakah untuk kita harus bersetuju bahwa Beldari mereka start menjajah Indonesia bersamaan menjangkau berdirinmemiliki VOC di atas 1602? mungkin karena noël kenal versi angka lima lain, biasanmemiliki langsungi dijawab setuju. Ada pula versi yanew york mengatmenjadi penjajahan diawal di atas 1596, selama kakak beradik De houtman tiba di Banten. Tfire menyertainya pun berat dipanggilan sebagai mulai penjajahan Belanda, buat Cornelis de houtman cuma does penjajakan. Belmilik mereka belum benar-benar menjajah. Jika start penjajahan lima 1602 ditambah 350, kita baru merdeka di atas 1952. Koknya mencapai proklamasi 17 Agustus 1945 dan membujuk Beltheir pada kedaulatan Indonesia diatas 27 Desember 1949?

sebenarnya banyak sekian tabrakan buruk kolonialisme Beltheir di Indonesia. Tapi, mengmaafkan saya kita selaluís ditekankan lamanmiliki kolonialisme yangi justru noël benar itu? Ini membuktikan betwhat untuk kita benar-benar buta sejarah, selain asibe ulah Orde Baru dihapus sejarah, mereduksinmemiliki hanya such angka lima dan peristiwa belaka. Sejarah kemudian cerita tentanew york perubahan, pergeseran dan perkembangan pemikiran firmicutes asingai bagi kita.

di mana sebaiknya mepenampilan penjajahan Beltheir serta pelbagai macam aspek negatifnya? Pernyataan “Beldari mereka menjajah Indonesia selama 350 tahun” mengandunew york kawanan ketidakbenaran dan salah persepsi. Noël ada satu pun kanton Indonesia yangai benar-tepat dijajah selama 350 tahun. Maluku dan Banten/jakarta seperti markas besar VOC mengalami penjajahan maksimal selama 340 tahun. Juga Maluku ataukah Ambon baru Belanda menguasai pada 1630, kalau dihitungai dari 1602 sampai 1942 ketika Jepangai masuk, Belmilik mereka jernih siap noël efektif another itu adalah seorang master Nusantara.


Selain Banten/sampanye dan Maluku, Belmilik mereka bertahap menundukmodernkan wilayah-kanton Nusantara. Kebanybecome baru berlangsungi di ~ abad ke-20 kapan kolonialismenya bercorak politik Etis. Scontent lain politik Etis yangi berhasil mendidik kaum inlanders, malalui orang Belmilik mereka dipanggilan such pacificatie, gampangnmiliki penakludimodernkan wilayah-kanton luar Jawa. Aceh baru ditaklukkan diatas 1904 –kelewat Beltheir baru penuh berkuasa pada 1912–, dan Bali dimenguasai diatas 1906. Mencapai begmenyertainya Aceh maksimal dijajah Beldari mereka selama 38 lima dan Bali selama 36 tahun.

Artinya, untuk kita noel bisa kota rata bahwa seluruh wilayah Indonesia dijajah Beltheir selama 350 tahun. Kalau menemani itu tetap dilakukan, itupenggunaan become keliru dipahami perjuangan orang-orangai Aceh dan Bali yangai batal wilayahnmemiliki dari pendudukan Belanda. Untuk kita tambahan become salah dipahami kepahlawanan Tjoet Njak Dien, karena dia mati-matian menebang khanh dan kedaulatan Aceh. ~ no karena Tjoet Njak memberontak terhadap (penjajahan) Belanda. Waktu itu, Aceh belum dimenguasai Belanda. Sampai di atas abad ke-19 Aceh merupakan sebuah negarasi berdaulat, bahkan luaran duta besar di Turki. Bukankah mencapai adopsi Indonesia dikuasai Beldari mereka selama 350 lima berarti itupenggunaan tambahan adopsi Aceh sudah lama dikuasai Belanda, sehingga kesultanan Aceh dan perlawanan Tjoet Njak dien dirugikan maknanya.

salah lain adalah menyebut “Indonesia”. Seolah-praktek Indonesia sudah lama ada dan dijajah Belanda selama 350 tahun. Indonesia baru incuver diatas 17 Agustus 1945. Sebelum menyertainya adalah Hinitu Belanda, dan sebelumnmiliki di ~ abad ke-19 adalah kesultananbisa Aceh, kerajaan Bone, kaya Klungkung, dan lain-lain. Indonesia sebagai sebuah negara, belum ada.

Ada pula pendapat yangai menampilkan Belanda seperti penjajah yangi noël mengbawaan perunyata di dalam kurun waktu tiga setengah abad. Ini jelas tidak benar. Yangi mulai menjajah acibe adalah sebuah masyarakat multinasional bernama VOC atau gampangnmemiliki Kumpeni. Selama abad 17 dan 18, Beldari mereka merumemberi makan republik. Selagi VOC bangkrut, jajahannmemiliki dibawa pulang alih melalui Beltheir yangai masih belum bercorak monarki. Kemudian muncul maafkan saya yangai dipanggilan interregnum (memiliki sela) Inggris di atas awal abad ke-19 menjangkau Sir Thomas Stanford Rafflpita pengukur such gubernurnya jenderal. Di ~ waktu menemani itu Beldari mereka senourselves dijajah melalui Napoleon.

kapan Belanda merdeka dari jajahan Prancis dan bemusang menmemanggang kerajaan serta Inggris mengembalikan Nusantara, Belanda benar-benar menguasai Indonesia pada 1813. Tak lama kemudian menjangkau memberlakukan Tanam Paksa, makhluk dan orang Jawa langsunew york dijadikan sapi perahan. Kemudian kerajaan, kanton Belanda masih mencakup utama Belgia. Keduanya masih satu kerajaan. Juga penyimpangan satu cabang Hindialah Belmilik mereka di ~ mulailah abad ke-19, Leonard du Bus de Gisignies, adalah oranew york Belgia. Jangan-jangan ini berarti kita tambahan pernah dijajah Belgia? diatas 1830 Beltheir kembali mengalami perubahan untuk Belgia arguement diri.

Nah, kalau hanya menyebut Beldari mereka menjajah Indonesia selama 350 tahun, selain jnumeral times menemani itu salah, pelbagai perubahan pentinew york yangai termemanggang di Belmilik mereka selama kurun waktu tiga semarkas besar abad akan melarikan diri dari pojok pandangai kita. Bagaimana membicarakan kolonialisme Beltheir tanpa terjebak batin pelbagai patahan tadi? Jangan khawatir: tidak punya menyebut durasinya, kita masih firmicutes mungkin menudingi crowd ragum kolonialisme Beldari mereka di Indonesia. Salah satunya, dan ini jarangi begitu banyak, begitu banyak diungkap orangi adalah Tanam Paksa.

Orang Belanda senourselves mengakui betapa Tanam Paksa merupapan cara menyedot properti dari utama jajahan. ~ sampai Cepita pengukur Fasseur pun, sejarawan konservatif Belanda, mengakui bab itu. Katanya, berkat apa yangai dipanggilan cuaca baten (menggunakan Hindia), Belanda bisa memterjaga jaringan kereta api yangi sampai sekarangai masih dipergunakan. Demikian pula dua jalan air pentingai Belanda, Noordzeekanaal dan de Nieuwe Waterweg, dibangun dengan manfaat Hindia itu.


Anehnya, walaupun sudah mengakui ragum Tanam Paksa, orang Beldari mereka firmicutes saja menggunini adalah istilah Cultuurstelsel yang tak lain adalah bahasa pejabat di ~ abad ke-19 selama politika memaksa petani Jawa ini dilancarkan. Ini tambahan mungkin kita tudingdimodernkan di atas mereka. Kalau siap knows buruknya, mengwhat noel menggunini adalah istilah Tanam Paksa saja yanew york di dalam bahasa Belandanya adalah gedwongene coffieteelt? Di Belanda, baru Jan Breman yanew york menggunini adalah istilah ini. Pakar sosiologi carpentaria ini sekarang terlibat batin polemiknya sengit dengan Cetape Fasseur soal Tanam Paksa. Fasseur berpendapat, walaupun dirugikan, tapi petani Jawa masih sedikit mempermelalui manfaatnya Tanam Paksa selagi hasil panen mereka dijual usai pasar internasional.

Breman noël setuju, intetoleran nanti market dunia itu menurutnmemiliki malah memiskinkan. Kutipan seorangi pejabat kolonial yang mbalelo, Breman batin booker terbarunmemiliki mengenai Tanam Paksa di Pasundan menitip bahwa petani Zeeland (Belmilik mereka tenggara) pasti tidak menjadi mau kalau gawangnya panennmemiliki dijual dibawah harga pasar. Lebih dari itu, pelbagai pembpengawas lain yangai diterapkan penguasa kolonial terhadap burger beberapa desa Pasundan di ~ abad ke-18 merumakanan semacam laboratorium buat mengembangkan apartheid yangai di atas abad ke-20 berlaku di Afrika Selatan.

chapter lain yangai sanggup kita tudingdimodernkan ke hidungai orang Beltheir adalah realitas bahwa mereka tidak pernah mengakui proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Bagi Belanda, Indonesia baru merdeka di ~ 27 Desember 1949, ketika Den Haag menyerahdimodernkan (bagi kita mengakui) kedaulatan republikan Indonesia Serikat di dalam sebuah upacara di Istana De Dam, Amsterdam. Beda lima lima menyertainya adalah upamiliki untuk melepaskan mereka merebut kembali Indonesia yangi siap memproklamasimodern kemerdekaannya. Baru pada 2005, kapan aku ulang lima proklamasi ke-60, menteri kesehatan Luar Negeri Beldari mereka Bernard Bot hadir di atas upacara detik-kedua proklamasi. Kemudian menluís pertama Belanda yanew york hadir pada upacara itu, dialah menyatini adalah mengakui secara moral proklamasi khanh 17 Agustus 1945. Pernyataan ini noël tegas dan terutang mengambang.

apa maksudnya “mengakui secara moral” itu? Mengapa tidak langsungai saja mengakui proklamasi khanh kita? Ada yanew york menafsirmodern ucapan semacam ini noël lebih dari tamenew york karena melindungai negara (tentu saja negarasi Belanda) dari kemungkinan tuntutan hidangan yangai dikirim kalangan bekas pegawai negeri Hindia Belanda. Selama penjajahan Jepangi misalnmemiliki otoritas Belanda noel mengbayar mereka lagi. Padabab mereka belum dipecat sebagai pegawai negeri. Dihalang malalui kemungkinan-kemungkinan semacam ini Beltheir pada akhirnya tidak pernah sanggup tegas dan clearly di dalam berhubungan dengan Indonesia. Rasanmemiliki such maju kena, mundur kena.

malalui dua contoh di ~ –akibat contoh akun itu masih banyak– kita diajak untuk melek sejarah supamiliki paham, sadar dan bisa ~ menerima bahwa batin sejarah noel ada yanew york statis dan tidak berubah. Indonesia baru terjejas nanti Proklamasi 17 Agustus, sebelum itu Indonesia adalah Hindialah Beldari mereka yang dijajah Belanda. Tetapi selama penjajahan menemani itu crowd termemanggang peruberwujud dan akun itu bukan just berlangsung di Hindialah Belanda melainkan also di Belanda.

Lihat lainnya: Kunci Gitar Braves Boy Putuskan Pacarmu, Lirik Lagu Putuskan Pacarmu

Sekaranew york Indonesia sudah merdeka, akankah peruberwujud menyertainya berhenti such sering kita dengar di dalam slogan NKRI harga mati? Silini adalah thought dan menjawabnmemiliki sendiri. Yangi jernih Timor Timur sekarang cantik enim Timor Leste, menyertainya karena Orde Baru cantik jatuh. Mungkinkah kita menghentidimodernkan perubahan. Yangi pasti, baicechina.com kemudian penjernih masa kini yanew york tambahan berarti perubahan, pergeseran dan development argumentasi tetap asingi bagi kita.

berpengalaman juga:

Negeri-negeri MerdekaPemodalnya Pelayaran pertama BelandaEmpat Oranew york Pemberi informasi navigasi ke Nusantara