Presentasi berjudul: "Kedudukan wanita di dalam Keluarga"— Transcript presentasi:

1 Kedudumodernkan banci batin KeluargaMinggu Keenam

*

2 Di zaman jahiliyyah feminin dianggap seperti aib keluarga, sehingga saat bayinya perempuan terjejas keworld maka ayahnmemiliki become menguburnya hidup-hidup. Kedarumbai Islam memong membawa banci ke batin melakukan yanew york lebih tinggi. Kerumunan dalil-dalil yangai menunjukkan: Rasulullah s.a.w. Bersabda “Empat chapter yanew york jika diberimodern diatas seseorang, maka ia akan menuntuk menang dua kebaikan di dunia dan di akhirat. Empat chapter terpanggilan adalah hati yangai bersyukur, verbal yangai selalu berzikir, sabatang atas segala cubaan yang menimpa dan isteri yang dapat mengolah ourselves serta dan kewangan suami.” Nabi s.a.w. Bersabda lagi “wanita superioritas adalah yanew york jika kamu melihatnmemiliki kamu dirasa bahagia, jika kamu kepala kepadanya maka dialah taat padamu dan jika dialah noël ada di sampingmu, maka itu menjadi membudaya hartamu dan kehormatanmu.” Rasulullah s.a.w. Then memharus baca ayat dari surah An- Nisaa “Maka perempuan-wanita yang solehah adalah mereka yang taat (kediatas Allah) dan mengolah diri di saat ketiadaan suaminya, untuk Allah telah membudaya mereka.”(An-Nisaa:34)

*

3 Kedudumodernkan perempuan sebagai isteriIjatuh tambahan memandangai seorangi isteri such hal yangi mendesak berharga bagi suaminya, terlebih lagi seorangi feminin yang menmemanggang isteri solehah. Ianmemiliki diumpamini adalah sebagai jeumpa dunia. Rasulullah s.a.w. Bersabda: “dunia adalah jeumpa (kesenangan) dan sebaik-baik jeumpa (kesenangan) dunia adalah wanita (istri) shalihah.” (HR. Muslim) dalam penyimpangan satu hadis Bukhari tambahan disebutmodernkan bahwa tersejati isteri merupakan pemimpin batin rumah suaminya dan bertanggung jawab atas segala yanew york terenim didalamnya. Sabdanya: “Istri adalah pemuka di di dalam rumah suaminmiliki dan dia betanggunew york jawab atas maafkan saya yangai dipimpinnya.” (HR. Bukhari)

*

4 Pertama: Mentaati perintah suamiIsteri yangai taat di ~ suami, adalah isteri yangai senang dipandangai dan noël membangkang sehingga mendatangmodernkan kebencian. Dari Abu Hurairah r.a. dia berkata, قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ Pernah ditanya kedi ~ Rasulullah s.a.w. “Siapakah feminin yanew york most baik?” Jawab beliau, “Iamenemani itu yang most menyenangmodernkan jika diusing suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan noël menentanew york suami dan harmeminta sehingga memuntuk suami dirasakan benci” (HR. An-Nasai)

*

5 لاَ طَاعَةَ فِى مَعْصِيَةٍ ، إِنَّمَا الطَّاعَةُ فِى الْمَعْرُوفِ Begitu pula angkasa seoranew york perempuan di akhirat nanti dapat diusing dari sikapnya terhadap suaminya. Namun ketaatan isteri di atas suami tidaklah mutlak. Jika isteri diperintah suami untuk noël berhijab, meninggalmodernkan solat five times atau bersetubuh di saat haidh, maka perintah batin maksiat semacam ini noel boleh ditaati. Rasulullah s.a.w. Bersabda: لاَ طَاعَةَ فِى مَعْصِيَةٍ ، إِنَّمَا الطَّاعَةُ فِى الْمَعْرُوفِ “noel ada ketaatan di dalam perkara maksiat. Ketaatan itu hanyalah batin perkara yang ma’ruf (kebaikan).” (HR. Bukaku dan Muslim) Rasulullah s.a..w. juga memperingatmodernkan batin sabdanya: لاَ طَاعَةَ لِمَخْلُوْقٍ فِي مَعْصِيَةِ اللهِ “noel ada ketaatan kediatas alam dalam bermaksiat kepada Allah.” (HR. Ahmad)

*

6 Kedua: Bertetap indoors dan tidak dilepas kecuali menjangkau benar suamiAllah s. W.t. berfirman, وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى “Dan hendaklah kamu militer di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku sebagai orang-orangi Jahiliyah yangai dahulu” (Al Ahzab: 33). Seoranew york istri tidak bmelalui keluar dari rumahnmiliki kecuali menjangkau rights suaminya. Samada untuk mengunjunew york kedua orangai tuanya atau pun untuk keperluan yangai lain.

*

7 Ketiga: Taat diatas suami kapan diajak setelah secara spasial tidurDari Abu Hurairah, Nabi s.a.w. bersabda, إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَأَبَتْ أَنْ تَجِىءَ لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ “Jika seoranew york pria mengajak istrinmiliki usai ranjang, lantas si istri enggan memenuhinya, maka malaikat menjadi melaknatnmemiliki hingga times Shubuh” (HR. Bukhari dan Muslim). Di dalam riwayat Muslim disebutkan mencapai lafazh, وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا مِنْ رَجُلٍ يَدْعُو امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهَا فَتَأْبَى عَلَيْهِ إِلاَّ كَانَ الَّذِي فِي السَّمَاءِ سَاخِطًا عَلَيْهَا حَتَّى يَرْضَى عَنْهَا “Demi zat yangi jiwaku berada di tanganNya, tidaklah seorang suami memanggil isterinmemiliki setelah angkasa tidurnmemiliki lalu si isteri menolak ajbecome suaminya melainmodern yangai di tee (penduduk langit) murka pada isteri terpanggilan sampai suaminmemiliki ridha kepadanya.” (HR. Muslim)

*

8 Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Ini adalah dalil haramnmemiliki banci ragu-ragu mendatangai tempat tidur jika tiada keuzuran. Implisit ketika di di dalam keadaan haid, keer suami masih dibenardimodernkan menikdies isteri di ~ kemaluannya” Namun jika isteri ada halangan, kemudian sakit atau kepenatan, maka akun itu implisit uzur dan suami harus memaklumi dan dipahami keadaan ini.

*

9 Keempat: noel mengizinmodern orangi lain dimasukkan rumah kecuali dengan benar suamipesan Rasulullah s.a.w. di atas haji Wada’, فَاتَّقُوا اللَّهَ فِى النِّسَاءِ فَإِنَّكُمْ أَخَذْتُمُوهُنَّ بِأَمَانِ اللَّهِ وَاسْتَحْلَلْتُمْ فُرُوجَهُنَّ بِكَلِمَةِ اللَّهِ وَلَكُمْ عَلَيْهِنَّ أَنْ لاَ يُوطِئْنَ فُرُشَكُمْ أَحَدًا تَكْرَهُونَهُ “Bertakwalah kami dalam urusan para perempuan (istri-istri kalian), untuk sesungguhnmiliki kami menguntuk mengambil mereka mencapai amanah dari Allah dan kalian menghalalmodern kemaluan mereka mencapai kalimat Allah. Baik kita overhead mereka adalah mereka noël boleh mengizinkan seorang pun yanew york tidak kalian sukai untuk menginjak permadani kalian” (HR. Muslim) dalam lafaz Ibnu Hibban disebutmodernkan hadits dari Abu Hurairah, لاَ تَأْذَنُ المَرْأَةُ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا وَهُوَ شَاهِدُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ “noël boleh seorang wanita mengizinkan seorangai pun buat masuk dalam suaminmemiliki sedangdimodernkan suaminmemiliki ada melaindimodernkan mencapai kebenaran suaminya.”

*

10 Kelima: noel berpuasa sunnah ketika suami ada kecuali mencapai izin suamiPara fuqaha telah sepakat bahwa seoranew york feminin noël diperkenanmodern buat melaksanini adalah puasa sunnah melainmodernkan dengan benar suaminya. Batin hadith yang muttafaqun ‘alaih, dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda: لاَ يَحِلُّ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَصُومَ وَزَوْجُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، وَلاَ تَأْذَنَ فِى بَيْتِهِ إِلاَّ بِإِذْنِهِ ، وَمَا أَنْفَقَتْ مِنْ نَفَقَةٍ عَنْ غَيْرِ أَمْرِهِ فَإِنَّهُ يُؤَدَّى إِلَيْهِ شَطْرُه “tidak halal bagi seorangai isteri buat berpuasa (sunnah), sedangmodern suaminya ada kecuali dengan izinnya. Dan ia tidak bmalalui mengizinkan orangai lain memasukkan rumah suami tidak punya benar darinya. Dan jika ia menafkahmodern sesuatu tidak punya ada perintah dari suami, maka suami mendapat sesentral pahalanya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

*

11 di dalam lafaz lainnya disebutkan,لاَ تَصُومُ الْمَرْأَةُ وَبَعْلُهَا شَاهِدٌ إِلاَّ بِإِذْنِهِ غَيْرَ رَمَضَانَ “noël bmelalui seorang feminin berpuasa selain puasa Ramadhan sedangmodernkan suaminmemiliki sedangai ada (noel bepergian) kecuali dengan izin suaminya” (HR. Bukdays dan Muslim”) Ulama Syafi’iyah mengatmenjadi bahwa yang dimaksudkan mencapai benar adalah dengan redha suami. Ini kerana redha suami kemiripan dengan izinnya.

*

12 Ulama Hanafiyah: menganggapnmemiliki makruh tahrim. Beberwhat Permasalahan Yangi menguat Dari isu Ini: Imam Ibn Hajar rahimahullah mengatakan, “Yanew york dikarsa larangan puasa tanpa izin suami here adalah untuk puasa selain puasa di bulan Ramadhan. Adapun jika puasanmemiliki adalah yanew york wajib, dilakumodern luarnya Ramadhan dan waktunya masih lapang buat menunaikannya, maka tetap harus menjangkau rights suami. Dalam kitab Al Mawsu’ah Al Fiqhiyah disebutkan dengan beberwhat pandangan: Jumhur majoriti fuqaha: Jika seorangai wanita menjalankan puasa (selain puasa Ramadhan) tidak punya rights suaminya, puasanmemiliki firmicutes sah, namun ia telah melakukan keharaman. Ulama Hanafiyah: menganggapnya makruh tahrim. Ulama Syafi’iyah: menyatbecome seperti itu haram jika puasanmemiliki berulang kali. Akan tetapi jika puasanmemiliki noël berulang kali (ertinya, luaran bkeunggulan waktu tertentu) such puasa ‘Arafah, puasa ‘Asyura, puasa enam days di bulan Syawal, maka bmelalui dilakumodern tidak punya benar suami, kecuali jika memengharapkan suami melarangnya.

*

13 Semasa Ketiadaan suami dalam atau sedangai berhalangan:Berdasarkan pemahaman dalil yang telah disebutkan, jika suami noël di tempat, maka isteri tidak perluís mebertanya kebenaran diatas suami ketika berwewenang melakukan puasa Sunnah seperti selama suami sedang bersafar, sedanew york sakit, sedanew york berihram atau suami senourselves sedanew york puasa  Seandainya suami sedang di batin keadaan tidak mampu does jima’ (menghubung badan). Kemudian keadaan ihram terlarangi untuk jima’, begitu pula ketika suami sedanew york puasa. Hikmah Mengwhat Harus menjangkau izin Suami: Ibn Hajar Al Asqolani rahimahullah menerangkan: Menunaidimodernkan ke kanan suami akun itu lebih kepala daripada menlari jenis yang hukumnmemiliki sunnah. Daratkan suami adalah suatu kewajiban. Menlari yangai terdaftar tentu mesti didahuludimodernkan dari menoperasi ibadah yangi sifatnya Sunnah.

*

14 Keenam: noël menginfakkan harta suami kecuali menjangkau izinnyaNabi s.a.w. Bersabda: “bukan seorangai banci menginfakmodernkan sesuatu dari rumah suaminmiliki kecuali dengan benar suaminya” (HR. Tirmidzi) Ketujuh: Berkhidmat di ~ suami dan anak-anaknya Seoranew york isteri tolong suaminya batin kehidupannya such yang dilakumodernkan Asma` bintu Abi Bakar Ash-Shiddiq r.a. yangi berkhidmat kepada suaminya, Az-Zubair ibnul ‘Awwam r.a. Dialah mengurusi haiwan tunggangan suaminya, memberry makan dan meningkatkan kudanmemiliki serta memikul tepungai biji-bijian dari negara milik suaminmiliki sementara jarab angkasa tinggalnmemiliki mencapai negara terpanggilan kyung 2/3 farsakh ” (HR. Bukhari dan Muslim)

*

15 فَباَرَكَ اللهُ لَكَ – أَوْ: خَيْرًا –Demikian pula khidmat Fathimah binte Rasulullah s.a.w. di rumah suaminya, Ali bin Abi Thalib r.a sehingga kedua tangannmiliki melecet keer menggilingai gandum. (HR. Bukdays dan Muslim) Sahabat Rasulullah s.a.w. Jabilyar bin Abdillah r.a., menikahi seorangi janda agar bmelalui membantunmemiliki mengurusmodernkan 7 ataukah 9 saudara perempuannmiliki yangi masih belia. Kata Jabilyar kepada Rasulullah s.a.w., “Ayahku, Abdullah, telah wafat dan dia meninggalmodernkan kawanan anak perempuan. Aku noel shang mendatangkan di tengah-pusat mereka perempuan yanew york sama mencapai mereka. Maka aku pun menikahi seorangi wanita yanew york bmelalui mengurus dan merawat mereka.” Rasulullah s.a.w. Mendomenjadi Jabir, فَباَرَكَ اللهُ لَكَ – أَوْ: خَيْرًا – “harapan Allah memberkahimu.” atau beliau berkata, “harapan jenis untukmu.” (HR. Muslim )

*

16 Kelapan: Bersyukur mencapai pemberian suamiSeorangai isteri harus berterima kasih kedi ~ suaminmemiliki overhead setiap orang yangi telah diberikan kepadanya, agar noel berhadapan mencapai ancaman buruk Allah s.w.t. Nabi s.a.w. Bersabda ke selkarangan dari solat Kusuf (solat Gerhana), baginda menceritmenjadi tentangai syurga dan neraka yangai diperlihatkan kediatas beliau kapan solat, وَرَأَيْتُ النَّارَ فَلَمْ أَرَ كَالْيَوْمِ مَنْظَرًا قَطُّ وَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ. قَالُوا: لِمَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: بِكُفْرِهِنَّ. قِيْلَ: يَكْفُرْنَ بِاللهِ؟ قَالَ: يَكْفُرْنَ الْعَشِيْرَ وَيَكْفُرْنَ اْلإِحْسَانَ، لَوْ أَََحْسَنْتَ إِلىَ إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ، ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ “Dan aku memelihat neraka. Aku belum pernah kesamaan begitu banyak, begitu banyak meusing pemandangan seperti aku ini. Dan aku melihat terbenar kebanyakmodern penghuninmiliki adalah para wanita.” Mereka bertanya, “Kenmaafkan saya para wanita menmemanggang kebanyakmodernkan penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabmodern kekufuran mereka.” Ada yangi berbertanya kediatas beliau, “Apakah para banci menyertainya kufur kedi ~ Allah?” Beliau menjawab, “(Tidak, melainkan) mereka kufur kedi atas suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainmemiliki engkau beruntuk baik kedi ~ salah seorang isteri kami di atas suatu waktu, then suatu saat ia mepenampilan darimu ada sesuatu (yanew york noël berkenan di hatinya) niscamemiliki ia become berkata, ‘Aku kesamaan sekian belum pernah mepenampilan kebaikan darimu’.” (HR. Bukaku dan Muslim).

*

17 Kesembilan: noël mengungkit-ngungkit pemberian yang diinfakkan kediatas suami dan anak-anaknmemiliki dari hartanya Allah s.w.t. berfirman: “Hai orang-orangai yangi beriman, jangan lakukan itu kamu menghilangmodern (pahala) sedekahmu mencapai menyebut-nyebutnmemiliki dan menyakiti (perasaan si penerima)” (QS. Al Baqarah: 264). Kesepuluh: Redha mencapai yanew york sedikit, pribadi sifat qona’ah (dirasa cukup) dan noel membebani suami lebih dari kemampuannmemiliki Allah s.w.t. Berfirman, “Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yanew york disempitmodernkan rezekinya hendaklah memberry nafkah dari harta yangi diberimodern Allah kepadanya. Allah noël memikulkan beban kedi ~ seseoranew york melainmodernkan hanya maafkan saya yang Allah berimodern kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesiap kesempitan.” (QS. Ath Tholaq: 7)

*

18 Kesebelas: Berdandan vip dan berhias diri di hadapan suamiSepotongan istri saat ini di hadapan suami bergamemiliki sebagai tentara, berbau arangai (alias: dapur) dan jarangai mau berhias diri. Namun selama disetujui rumah, ia dilepas bagai bidadari. Ini sungguh terbalik. Seharusnmiliki di dalam rumah, ia berusaha menyenangmodernkan suami. Demikianlah yangi dinamini adalah sebaik-baik wanita. Dari Abu Hurairah r.a. dia berkata, قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ Pernah ditanybecome kedi ~ Rasulullah s.a.w., “Siapakah perempuan yang paling baik?” Jawab beliau, “Iamenyertainya yanew york most menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan noel menyelisihi suami di atas diri dan harmeminta sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasai dan Ahmad)

*

19 senin belas: Berkabung selama meninggalnmemiliki suami selama 4 bulan 10 hariAllah s.w.t. berfirman, وَالَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنكُمْ وَيَذَرُ‌ونَ أَزْوَاجًا يَتَرَ‌بَّصْنَ بِأَنفُسِهِنَّ أَرْ‌بَعَةَ أَشْهُرٍ‌ وَعَشْرً‌ا فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيمَا فَعَلْنَ فِي أَنفُسِهِنَّ بِالْمَعْرُ‌وفِ وَاللَّـهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ‌ “Orang-orang yang meninggal dunia di antaramu mencapai meninggaldimodernkan isteri-isteri (hendaklah para isteri itu) menangguhkan dirinmemiliki (ber’iddah) empat moon sepuluh hari. Then apabila telah habis ‘iddahnya, maka tiada dosa bagimu (para wali) membiardimodernkan mereka berbuat terhadap ourselves mereka menurut yang patut.


Anda sedang menonton: Kedudukan wanita dalam keluarga menurut islam


Lihat lainnya: Keutamaan Membaca Alquran Di Bulan Ramadhan, 8 Keutamaan Membaca Al

Allah mengetahui what yangai kamu perbuat.” (Al Baqarah: 234) Rasul s.a.w bersabda, لاَ يَحِلُّ لاِمْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ أَنْ تُحِدَّ عَلَى مَيِّتٍ فَوْقَ ثَلاَثِ لَيَالٍ ، إِلاَّ عَلَى زَوْجٍ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا “noel dihalaldimodernkan bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan aku di atas buat berkabunew york atas wafatnya seseorang lebih dari tiga hari, kecuali atas wafatnya suaminya, yamenyertainya (selama) empat bulan sepuluh hari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

*