Mata pelajaran: Keanekaragaman kesukuan Bangsa dan BudayaMateri: alat Musik TradisionalKata kunci: sasando, kecapiPembahasan :sasando dan kecapi sama-kemiripannya merupakab alat mysik secara tradisional Indonesia. Keduanya memiliki dawai dan dimainmodern dengan dipetik. Namun keduanmiliki juga memiliki selisih pentinew york selisih Kecfire menjangkau Sasando:1. Quenn asal:Kecapi berasal dari kesukuan Sunda (Provinsi Jawa barat dan Banten), sementara sasando berorigin dari pulau Rote di provinsi Nusa Tengpergilah Timur (NTT). Untuk menemani itu sasando juga serinew york dipanggilan seperti sasando Rote.2. Jumlah senar atau dawaiKecfire luaran dawai sejumlah 15 dawai diatas tipe Kecapi Rincik, dan 18 ataukah 20 dawai untuk tipe Kecapi Indung. Jumlah dawai pada sasando perbedaan sesuai jenisnya. Jenis-jenis sasando tersebut adalah:* sasando Engkel (28 dawai),* sasando dobel (56 dawai, 84 dawai)* sasando Gongai atau sasando Haik (7 dawai, 11 dawai)* sasando biola (30 dawai, 32 dawai, 36 dawai)3. Berwujud tabung resonansiKecfire memiliki tabunew york resonansi di potongan bawah dawai yang terbuat dari kayu, termajor kayu sentul.Sementara sasando memiliki tabungi bambu ruang angkasa memasang dawai sasando dan pefullest resonansi yangi teruntuk dari lembaran lontar. Lembaran lontar ini disusun berbentuk setengah nol di belakanew york dawai, dan dapat dilipat kapan sasando hendak disimpan.4. Cara memetikKecapi dimainkan mencapai meletakkan kecapi di meja atau lantai. Then pemain kecfire ini adalah memetik dawi keciapi menjangkau jari. Ton yang variasi didapat mencapai menedimodernkan dawai variasi atau memetij menjangkau desakan yanew york berbeda.Sebalikanmemiliki sasando dimainmodernkan dengan terawat ataukah diberdirikan. Pemain sasando akan memangku sasando stake memegang sasando dihadapannya kemudian memetik dengan jarinya. Nada dipesan mencapai air liur dawai yang berbeda."}>" data-test="answer-box-list">


Anda sedang menonton: Kecapi dan sasando merupakan alat musik yang dimainkan dengan teknik

*

Kelas: IVMata pelajaran: Keanekaragaman suku Bangsa dan BudayaMateri: tool Musik TradisionalKata kunci: sasando, kecapiPembahasan :sasando dan kecfire sama-kesamaan merupakab tool mysik tradisional Indonesia. Keduanmemiliki memiliki dawai dan dimainmodernkan mencapai dipetik. Namun keduanmemiliki juga memiliki perbedaan penting perbedaan Kecapi mencapai Sasando:1. Daerah asal:Kecapi berasal dari kesukuan Sunda (Provinsi Jawa west dan Banten), sementara sasando berasal dari pulau Rote di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk itu sasando juga sering disebut kemudian sasando Rote.2. Jumlah senar atau dawaiKecfire memiliki dawai sejumlah 15 dawai di atas jenis Kecapi Rincik, dan 18 ataukah 20 dawai untuk tipe Kecapi Indung. Jumlah dawai di ~ sasando perbedaan benar jenisnya. Jenis-tipe sasando tersebut adalah:* sasando Engkel (28 dawai),* sasando dobel (56 dawai, 84 dawai)* sasando Gong ataukah sasando Haik (7 dawai, 11 dawai)* sasando biola (30 dawai, 32 dawai, 36 dawai)3. Berwujud tabungi resonansiKecfire pribadi tabunew york resonansi di bagian bawah dawai yanew york terbuat dari kayu, terutama woods sentul.Sementara sasando pribadi tabungi bambu angkasa memasangai dawai sasando dan pefullest resonansi yanew york terkarena dari lembaran lontar. Daun lontar ini disusun berbentuk setengah bola di belakang dawai, dan dapat dilipat ketika sasando hendak disimpan.4. Cara memetikKecapi dimainkan dengan meletakkan kecapi di meja atau lantai. Kemudian pemain kecapi akan air liur dawi keciapi menjangkau jari. Nada yangai perbedaan didapat mencapai menemodern dawai perbedaan atau memetij mencapai tekanan yanew york berbeda.Sebalikanya sasando dimainmodern mencapai terawat atau diberdirikan.

Lihat lainnya: Kap Wisnu B Soewito &Amp; Rekan, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

Pemain sasando bebaicechina.comme memangku sasando sambil memegangi sasando dihadapannya then air liur mencapai jarinya. Selang dipesan dengan air liur dawai yangi berbeda.