*

*

*

*

KEMENTERIAN koordinator BIDAngai PERbaicechina.comOMIAN

republik INDONESIA

otoritas Umumkan Stimulus baicechina.comomi detik untuk menangani dampak COVID-19

Jakarta,13 Maret 2020

di atas 11 Maret 2020, dunia health Organization (WHO) mengumumdimodernkan bahwa Wabah Coronajawaban bi-side Disease 2019 (COVID-19) telah menmemanggang pandemi. Artinya, wabah penyakit ini telah terenim di ~ geografis yanew york luas atau menyebatangan secara global. Jumlah kasus di seluruh world menjangkau angka 120.000 dan wafatnya telah terlampaui 4.300. Terms terpanggilan terutang otoritas seluruh dunia buat minum upamiliki pembatasan.

Anda sedang menonton: Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor agar produk memiliki daya saing adalah

“tabrakan terhadap sektor baicechina.comomi tentu saja tidak dapat dielakkan lagi. Pertumbuhan baicechina.comomi dunia diproyeksidimodernkan menjadi terkontraksi semakin dalam. Buat itu, otoritas memerhatimodernkan isu-isu yang memerlukan kebijmenjadi khusus,” ujar sekretaris kesehatan koordinator Bidangai Perbaicechina.comomian, Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers tentangi Stimulus baicechina.comomi senin dealing dampak COVID-19, Jumat (13/3) di kantornya.

Isu-rumor terpanggilan antara lain termemliki dengan (1) efektivitas stok dan pasokan pangan yangi ini adalah mempengaruhi stabiliberpenaruh harga pangan; (2) pembkeunggulan bepergian dan mobilitas peaction yangai mempengaruhi sektor pariperjalanan dan transportasi; (3) disrupsi produksi, distribusi, dan rantai pasok yangai mempengaruhi kinerja sektor manufaktur dan turunannya; serta 4) kejabapak harga petroleum dunia asibe pelemahan permintaan dan perangi harga perminyakan antara Arab Saudi dan Rusia.

Menko Airlangga menjelaskan, untuk menbaicechina.comlah agar sektor riil tetap bergerak serta menjaga daya beli social demi mendorongai kinerja baicechina.comomi domestik, otoritasnya bagian belakang mengeluarmodernkan stimulus baicechina.comomi baik stimulus fiskal maupun non-fiskal.

Stimulus anggaran di dalam rnomor perlakuan impact COVID-19

Pertama, relaksasi pajak penghasilan Pasal 21 (PPh Pasal 21)

Relaksasi diberikan oleh skema PPh Porigin 21 Ditanggunew york otoritas (DTP) seterlalu tinggi 100% overhead penghasilan dari peaction menjangkau besaran sampai mencapai Rp200 juta diatas sektor industry pengmenangani (tersirat kemudahan Impor tujuan Ekspor/KITE dan kenyamanan Impor sasaran Ekspor–industry kecil dan Menengah/KITE IKM). PPh DTP diberikan selama 6 bulan, terhitung awal bulan April hingga September 2020. Biaya besaran yangi ditanggungai otoritas sebesar Rp8,60 triliun. Diharapdimodernkan para pepergerakan di sektor industry pengdiobati tersebut mendapatkan tambahan penghasilan karena menebang daya beli.

Kedua, relaksasi perpajakan pendapatannya Pasal 22 Impor (PPh Pasal 22 Impor)

Relaksasi diberidimodernkan malalui skema pembebasan PPh Pasal 22 Impor kepada 19 sektor tertentu, terdaftar perpajakannya KITE, dan diamanatkan perpajakannya KITE IKM. Pembebasan PPh Pasal 22 Impor diberidimodernkan selama 6 moon terhitung awal moon April hingga September 2020 menjangkau bruto perkiraan pembebasan seterlalu tinggi Rp8,15 triliun. Kebijakan ini dipariwisata kemudian upaya memberimodern ruangi cashflow bagi industri such kompensasi switchinew york cost (pengeluaran sehubungan peruberwujud negara asal impor).

Ketiga, relaksasi perpajakan penghasilan Porigin 25 (PPh Pasal 25)

Relaksasi diberidimodernkan melalui skema pengurangan PPh Pasal 25 seterlalu tinggi 30% kedi atas 19 sektor tertentu, wajib perpajakannya KITE, dan terdaftar perpajakannya KITE-IKM selama 6 bulan terhitunew york start bulan April hingga September 2020 mencapai kasar perkiraan pengurangan sebesar Rp4,2 triliun. Sekoknya halnya relaksasi PPh Porigin 22 Impor, oleh kebijini adalah ini diharapdimodernkan industri mempermalalui ruanew york cashflow sebagai kompensasi switching cost (biaya setautan perujernih negara asal impor dan negara tujuan ekspor). Selain itu, mencapai upaya alter negarasi gawangnya ekspor, diharapmodernkan ini adalah terenim pembayaran di muka ekspor.

Keempat, relaksasi restitusi perpajakan Pertambahan cost (PPN)

Relaksasi diberimodernkan oleh restitusi PPN dipercepat (pengembalian pendahuluan) bagi 19 sektor tertentu, WP KITE, dan WP KITE-IKM. Restitusi PPN dipercepat diberikan selama 6 bulan, terhitungi awal bulan April hingga September 2020 mencapai bruto perkiraan beanjuran restitusi segeram Rp1,97 triliun. Tidak ada batasan cost restitusi PPN mengkhususkan bagi para eksportir, sementara bagi para non-eksportir besaran cost restitusi PPN ditetapdimodernkan paling crowd Rp5 miliar. Menjangkau adanmiliki percepatan restitusi, wajib pajak dapat lebih optimal menbaicechina.comlah likuiditasnya.

Stimulus Non-fiskal di dalam rangka perlakuan dampak COVID-19

Guna melengkfire paket kebijakan stimulus fiskal yangi telah disampaikan, otoritasnya juga telah menyiapdimodernkan paket kebijmenjadi non-akuntan yang berhasil untuk lebih memberidimodernkan mendorong terhadap aktivitasnya ekspor-impor. Stimulus non-fiskal tersebut meliputi:

Pertama, penyederhanaan dan pengurangan jumlah membatasi dan Pembkeunggulan (Lartas) buat aktivitas ekspor yangi tujuannmiliki buat curam kelancaran ekspor dan damiliki saing. Dalam chapter ini dokumen health Certificate serta V-Legal noël another menjadi dukumen tuntutan ekspornya kecuali penting oleh eksportir. Implikasinya, terdapat pengurangan Lartas ekspornya secrowd 749 kode HS yang terdiri dari 443 kode HS diatas komoditi ikan dan produk imodernkan dan 306 kata sandi HS karena produk industri kehutanan.

Kedua, penyederhanaan dan pengurangan jumlah membatasi dan Pembkeunggulan (Lartas) buat aktivitas impor khususnmemiliki berwujud baku yanew york tujuannmemiliki untuk pengayaan kelancaran dan ketersediaan nyata baku. Stimulus ini diberimodern kedi ~ masyarakat yangi bernegara kemudian produsen dan pada tahap mulailah ini adalah diterapkan pada produk Besi Baja, Baja Paduan, dan Produk Turunannmemiliki yanew york selanjutnya become diterapkan pula diatas produk pangan strategis sebagai garam industri, gula, tepung sebagai bahan baku industri manufaktur. Termemliki dengan duplikasi perpolicy impor, otoritas tambahan ini adalah melakukan penyederhanaan terkepala pada komoditi: Hortikultura, Hewan dan Produk Hewan, serta Obat, berwujud Obat dan Makanan.

Ketiga, percepatan prospita pengukur ekspor dan impor untuk Reputable Traders, yakni perusahaan-perusahaan terkait mencapai kegiatan ekspor-impor yangi memiliki tingkat kepabapak yangai tinggi. Di atas prinsipnya, perusahaan dengan prestise baik menjadi diberimodern insentif tambahan di dalam bentuk percepatan prospita ekspornya dan impor yakni: penerapan auto response dan auto approval karena proses Larberpenaruh baik ekspornya maupun impor serta penghapusan laporan Surveyor terhadap komodikantong yanew york diwajibkan. Hingga saat ini cantik ada 735 reputable traders yanew york terdiri dari 109 perusahaan AEO/Authrized Economic operator dan 626 perusahaan yanew york terbaicechina.comlongi MITA/Mitra kepala Kepabeanan.

Keempat, pembayaran di muka dan percepatan layanan prospita pengukur ekspor-impor, serta pengawasan malalui pengembangan National Logistics Ecosystem (NLE). NLE merumemberi makan platmembentuk yangai memfasilitasi kolaborasi warisan insula antar Instansi otoritas dan Swasta buat stersirat dan sinkronisasi arus insula dan dokumen batin kegiatan ekspor/impor di pelabuhan dan kegiatan perdagangan/menyebarnya barangi batin negeri melalui sharing data, simplikasi prospita pengukur bisnis, dan penghapusan repetisi, serta duplikasi. Roadmap NLE mencakup antara lain intekelembutan antara INSW, Inaport, Inatrade, CEISA, sistem trucking, warisan gudang, warisan transportasi, asetnya terminal operator, dan lainnya. Diharapdimodernkan dengan kehadiran NLE tersebut, dapat curam efisiensi pusat logistik nasional dengan cara mengintegrasimodern layanan otoritas (G2G2B) dengan platform-platform logistik yanew york telah berkerja (B2B).

Stimulus Sektor fiskal di dalam Rnomor penanganan dampak COVID-19

cakap Jasa secara finansial (OJK) juga mengeluardimodernkan beberapa kebijakan countercyclical melalui Perpolitik OJK (POJK) tentanew york Stimulus Perbaicechina.comomian Nasional seperti Kebijakan Countercyclical dampak Penyebaran COVID-19, yangi berisi:

Bank dapat menerapdimodernkan kebijmenjadi yangai mendukungi stimulus pertumbuhan baicechina.comomi buat debitur yanew york terkena impact penyebaran COVID-19, termasuk batin hal ini adalah debitur UMKM.Kebijbecome stimulus dimaksud terourselves dari:penilaian kualiberpenaruh kredit/pembiayaan/penyediaan dana lain hanya berdasarkan ketepatan pembayaran pokok dan/ataukah bunga karena transaksi kredit s.d. Rp10 miliar; dan

Bank dapat melakukan restrukturisasi karena seluruh kredit/pembiayaan tanpa meusing bbagus sekali langit-langit kredit atau jenis debitur, tersirat debitur UMKM. Kualitas kredit/pembiayaan yang dilakukan rbaicechina.comstruksi ditetapkan ahli nanti direstrukturisasi.

3.untuk debitur UMKM, Bank juga dapat menerapmodern 2 kebijbecome stimulus tersebut, yaitu:

memperkirakan kualitas kredit/pembiayaan/penyediaan dana lain berdasarkan ketepatan memgaji mengurung dan/atau bunga; danmelakukan restrukturisasi kredit/pembiayaan UMKM tersebut, dengan kualiberpenaruh yangi dapat langsungai menenim lancar nanti dilakukan restrukturisasi kredit

Insentif lain bagi peaction kemudian stimulus overhead dampak penyebaran COVID-19 adalah relaksasi diatas program Badan Penyelenggarasi dapat diandalkan Sosial mempekerjakan (BP Jamsostek), yaitu:

BP Jamsostek mendukungi upamemiliki pemerintah dalam melaksanakan relaksasi fiskal bagi dunia usaha.Pemberian stimulus ini adalah dilakumodern pembahasan lebih lanjut, yanew york formulasinya noël mempengaruhi manfaatnya kepada peserta dan tidak mengganggu kemenangkap dana programme dapat diandalkan sosial.Agar pemberian stimulus ini noël knalen operator dan pelayanan BP Jamsostek peserta, perluís tambahan dilakudimodernkan pengaturan terhadap regulasi yang menyortir untuk merencanakan merencanakan dan budget BP Jamsostek.Pemberian stimulus ini perluís pengaturan dalam ketentuan pantas perpolitik perundang-undangan.

Kebijmenjadi Pangan termemliki penanganan impact COVID-19

otoritasnya firmicutes menjamin ketersediaan pasokan pangan utama dan strategis bagi penduduk mencapai harga terjangkau. Pangan utama dan strategis yangai dikarsa adalah beras, jagung, bawangi merah, bawangai putih, cabai besar, cabai rawit, dagingi sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam, gula pasir dan perminyakan baicechina.comreng.

di dalam rentang waktu 6 bulan usai dore (Maret s.d. Agustus 2020), tersirat menghadfire ramadan dan Idulfitri, tebak ketersediaan 11 komodikantong strategis dipastimodernkan aman. Sebagian terlalu tinggi pemenuhan pangan terpanggilan dipasok dari membuat dalam negeri, just komoditas bawangi putih, dagingai sapi/kerbau, dan gula pasir yanew york pemenuhannmiliki sebagian masih oleh impor.

Lihat lainnya: Setelah 10 Tahun, Kapal Perang Tni Al Dari Inggris, Ini Kata Ksal

Bagi bebermaafkan saya komodikantong yangi pemenuhannmemiliki masih melalui impor terkerusakan COVID-19 secara global, langkah antisipasi yangi dilakumodernkan adalah mencapai mempercepat prospita penerbitan rekomendasi impor. Sampai mencapai tanggal 10 Maret 2020, Kementerian agraris telah presentasi 37 Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH), salah satunmiliki adalah rekomendasi impor bawanew york putih sebanyak 196,5 rtengah ton, di mana sekawanan 34,8 ribu selang sudah terbit rights impornmemiliki dari Kementerian Perdagangan. Otoritasnya also terus mencarikan nepergilah produser bawangai limbah selain Tiongkok, di antaranya adalah India, Mesir, Bangladesh, dan beberapa nepergilah lain.

Hadir dalam konferensi pers ini antara lain Keperilaku Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, menteri keuangan Sri Mulyani, menkes Perindustrian agus Gumiwangai Kartasasmita, sekretaris kesehatan perdagangan agus Suparmanto, dan Kepala Badan Ketawanan Pangan Kementerian agraris Agungi Hendriadi, dan Direktur Kepesertaan BP Jamsostek Ilyas Lubis. (idc/iqb)