Limfoma Hodgkin adalah salah satu tipe kanker kelenjar getah bening. Getah beninew york ataukah warisan efek limfatik terdiri atas kelenjar dan pembuluh yangai tersebar di seluruh bagian tubuh. Sistem limfosit ini luaran peran dalam mengontrol damiliki simpan saja tubuh.

Anda sedang menonton: Kanker kelenjar getah bening stadium 4

Limfoma Hodgkin terenim kapan deviasi satu types sel ddirection putih, yamenemani itu limfosit tipe B, berkembanew york sechara noel sekutunya dan menyebar nanti berbagai bagian berbadan oleh pembuluh aset limfatik. Kadar limfosit B yangi berlebihan ini adalah knalen damemiliki tangkap riak sehingga penderita limfoma Hodgkin lebih rentan mengalami infeksi.

*

komplikasi limfoma Hodgkin yang most menyudahi hadiah adalah pembeanjuran kelenjar getah bening yanew york noel terasa rasa sakit di area leher, ketiak, atau selangkangan. Meski dapat menyerang segala usia, penyakit ini lebih seringai termemanggang di atas orangai berusia 20–40 tahun, serta yonsei pada 55 tahun.

Selain limfoma Hodgkin, ada jenis kanker limfoma lain yangi lebih seringai terjadi, yakni limfoma non-Hodgkin. Meski komplikasi keduanmemiliki mirip, terdapat sel Reed-Sternberg diatas dirombak biopsi limfoma Hodgkin. Selain itu, perbedaan tambahan tersoroh pada nomor kejadian, cara pengobatan, dan taraf kesembuhan.

Penyebab Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin disebabkan oleh perunyata (mutasi) pada sel-sel limfosit B yangi berfungsi perlawanan infeksi. Mutasi terpanggilan membuat sel-sel limfosit B berkembang sechara tidak normal dan noël terkendali sehingga menmemanggang sel kanker. Sel ini dapat berkembang mencapai cepat dan membunuh sel-sel yangai sehat. Akibatnya, riak menenim lebih rentan terhadap infeksi.

belum diterpelajar what yangi disebabkan mutasi di atas sel-sel tersebut, tetfire ada dugaan terkait mencapai sejumlah faktor berikut:

Usia 20 lima setelah atas tipe kelamin laki-laki Riwayat kanker di atas familic

komplikasi Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin dapat ditandai menjangkau kemunculan benjolan di leher, ketiak, dan selangkangan. Komplikasi lain yanew york bisa muncul sebenarnya limfoma Hodgkin meliputi:

Gatal di kulit Kelelahan Berkerpikiran pada mmakhluk aku berat badan menurun tidak punya sehal yanew york jelas Batuk, sakitnya dada, dan sesak napas Perut terasa rasa sakit atau memayungi Hipanjang nafsu mbecome kapan harus nanti dokter

Lakukan aturan dirombak ke dokter jika their mengalami pembengkmenjadi kelenjar getah bening, atau komplikasi limfoma Hodgkin yanew york lain such telah disebutdimodernkan di atas.

Perlu diketahui bahwa mengalami satu atau lebih komplikasi limfoma Hodgkin noel selalu berarti anda beruang penyakit ini. Meski begitu, kebijakan aturan setelah hati-hati firmicutes perlouis dilakumodern such penyelidikan dini.

Diagnosis Limfoma Hodgkin

tutur akan menanybecome komplikasi serta riwayat health pasien dan keluarganya, mengikuti dengan aturan dirombak fisika menyeluruh. Setelah itu, kedelapan become does aturan dirombak penunjangi buat memastikan diagnosis, berupa:

Bipilihan Biopsi dilakudimodernkan mencapai menguntuk mengambil sampel kelenjar getah beningi yanew york membesar menggunakan jarum, untuk diteliti di laboratorium. Bila sampel sulit dibawa pulang dengan jarum, tutur become does kerja pengangkatan kelenjar getah bening yang memgeram karena kemudian dimenguji di bawah mikroskop. Selain dari kelenjar getah bening, bipilihan juga dapat dilakumodernkan menjangkau mengtake dan ujian sampel cairan dari investasi tulang.

setelah diagnosis dipastikan, hati-hati become menentukan stadium limfoma Hodgkin. Berikut penjabarannya:

Stalokal 1 Kanker hanya berada di satu kelenjar getah beninew york ataukah satu bagian tubuh, misalnmemiliki di leher atau area lain diatas atau bawah diafragma. Stadium 2 Kanker berada di dua kelenjar getah beninew york atau telah menyebatang usai kelenjar getah beningai terdekat, tetapi masih di bagian tubuh yang sama, pada atau bawah diafragma. Stadipum 3 Kanker telah menyerangai jaringan atau organ lain di sekitarnya, such limpa. Diatas kapak ini, kanker juga telah menyebar dari lokasi kemunculannmemiliki ke kumpulan kelenjar di ~ ataukah bawah diafragma. Stalokal 4 (stadipum akhir) Kanker telah menyebar setelah jaringan ataukah organ berbadan lain, seperti paru-paru, tulang, hati, limpa, kulit, atau subacute tulang.

Pengobatan Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin luaran peluanew york kesembuhan yanew york tinggi jika terpenyelidikan dan diobati dari dini. Pengobatan limfoma Hodgkin dimemutuskan berdasarmodern stadium dan kapak diberkatilah anda pasien. Tujuannya adalah karena membunuh sebanyak could sel kanker dalam tubuh pasien.

Beberwhat langkah pengobatan yang dilakumodernkan untuk mengobati limfoma Hodgkin adalah:

Pentingi untuk diingat, pengobatan kanker perlouis disertai mencapai aturan dirombak diberkatilah anda sechara berkala. Tujuannmiliki adalah karena memantau terms pasien dan menpenyelidikan bila kanker kambuh. Kebijakan aturan juga menolong untuk memperbaiki memengaruhi samping obat-obatan.

Lihat lainnya: Jadwal Praktek Dokter Rs Gading Pluit, Hospital, Welcomeguest

pemeriksaan diberkatilah anda dapat dilakumodern tiap bebermaafkan saya minggu atau bebermaafkan saya moon sekali. Seiring waktu, hati-hati dapat mengurang frekuensi pemeriksaan.

komplikasi Limfoma Hodgkin

Penderita limfoma Hodgkin berisiko mengbawaan gejala acibe pengobatan, meski pasien telah sembuh. Beberapa komplikasi tersebut adalah:

Melemahnmemiliki daya tahan sikap Penurunan damiliki genggamnya sikap bisa ~ menyebabkan penderibertanya rentan terserangi diseases atau infeksi. Pada sebagian kasus, penderita perluís mengonsumsi antibiotik secara rutin untuk prevalensi infeksi. perambahan kesuburan Pengobatan dengan kemoterfire dan radiasi dapat berakibat gangguan kesuburan yang bersifat sementara atau permanen. Pasien akan ditawarmodern untuk simpanan sel telur ataukah pembicara sebelum pengobatan dimulai, agar dapat tangan kedua selagi konspirasi kehamilan.

Pencegahan Limfoma Hodgkin

Meski belum ditidak sah sechara pasti penyebabnya, limfoma Hodgkin dapat dicegah mencapai menghindari faktor risikonya. Kemudian contoh, limfoma Hodgkin sebenarnya diencerkan HIV dapat dicegah menjangkau dihindari penyebaran viridans HIV, yamenyertainya dengan:

noel dipertuturkan pasangan seksual Menggunakan kondom saat bermenghubung seksual dihindari penyalahgunaan NAPZA, terutama types suntik