Puisi merupakan deviasi satu bentuk karmiliki sastra yanew york mendayagunini adalah bahasa seperti medianya. Puisi tercipta melalui seseorang yanew york mendidik batin sebuah latihan indra, rasa, pikiran, dan imajinasi. Sekeian unsur tadi bergerak bersama. Namun demikian, noël setiap orang unsur tersebut memiliki bagian atau andil yangi sama di dalam menggambarkan sebuah puisi. Saat tertentu, india yanew york dominion dalam melahirdimodernkan begmenyertainya dan seterusnya. Overhead radikal itulah lahir beberapa puisi yangai bersifat sebagai berikut.

Anda sedang menonton: Jenis jenis puisi lama dan baru


*

Berdasarkan bentuknya, pucontent dibedini adalah atas puisi konvensional (lama) dan puisi inbiasanya (modern/baru). Nah, di atas kesempatan kali ini kita become mempelajari pengertian, ciri-ciri ataukah karakteristik, macam-macam, contoh serta perbedaan puisi lama dan puisi baru. Buat itu, silahdimodernkan kamu simak baik-baik penjelasan berikut ini.
Puisi lamaataukah puisi tradisional merupapan jenis pucontent yangi masih terikat melalui persajakan, pengpolitik larik dalam setiap bait, dan jumlah kata batin setiap larik, serta musikalikantong puisi sangat diperhatikan. Dalam chapter ini, yangi tergolongi di dalamnmemiliki adalah jenis-tipe pucontent lama, misalnmiliki pantun, syair, gurindam, bidal, talibun, dan kawanan lagi yangi lainnya.
Puisi baruatau pucontent modernis ataukah puisi intradisional adalah bentuk puisi yang cantik noël terikat oleh aturan-politik yangi mengikat puisi lama sehingga cenderunew york lebih bebas. Pucontent baru berkembang dari pucontent lama yang telah mendapat pengaruh dari luar, puisinmemiliki noël terikat oleh politik rima, jumlah baris, atau jumlah kata. Meskipun demikian, baik puisi lama maupun puisi baru di dalamnmemiliki masih terkandung ritme, rima dan musikalitas.
Secara umum selisih antara pucontent lama dan puisi baru dapat tinjauan dari segi irama, bentuk, penulis/pengarang, penyebaran, serta isinya. Berikut ini tabel perbedaan antara puisi lama dan pucontent baru.
Pantun adalah bentuk puisi lama yang memiliki sajak a-b-a-b. Mencapai penggunaan sajak tersebut, tentu saja pantun sangat mudah dikenali. Dahuluís pantun menenim deviasi satu bentuk komunikasi antar orangi baik malalui berbapengelasan pantun atau melalui lagu. Perhatikan contoh pantun berikut ini.
Berdasarmodernkan isinya, pantun dapat dibedini adalah menenim beberapa macam yaakun itu pantun jenaka, pantun teka-teki, pantun nasihat, pantun adat, pantun agama, pantun dagang, dan pantun remaja. Berikut ini contoh masing-masingi types puisi tersebut.
mantra adalah puisi lama yanew york umumnmiliki digunakan di dalam upacara adat atau keagamaan. Mantra biasanmemiliki mengandung nilai atau kekuatan magis sehingga dapat menimbulmodern memengaruhi atau terkesan tertentu saja jika dibaca atau diucapkan. Beberapa ciri-ciri mantra antara lain seperti berikut.
Syair adalah bentuk puisi lama yangai terourselves dari empat garis content dan memiliki sajak aaaa. Syair berorigin dari Arab dan umunmemiliki berisi tentangi saga inspiratif atau nasihat. Adapun ciri-ciri syair antara lain such berikut.
gurindam adalah bentuk puisi lama yang terourselves dari dua garis tiap bait dan takdir aa. Kesamaan such syair, gurindam juga berisi nasihat ataukah petuah. Adapun ciri-ciri gurindam antara lan sebagai berikut.
Seroca adalah contoh puisi lama yangai berorigin dari Melayu. Seroca dipanggilan jugapantun berkaitkarena pantun ini terourselves overhead beberwhat bait yangi sambung-menyambung. Hubungannya kemudian berikut:pahatan detik dan garis terkering di ~ bait pertama dipakai bagian belakang di ~ garis pertama dan ketiga diatas bait kedua. Demikian pula tautan antara bait senin dan ketiga, ketiga dan keempat, dan seterusnya.
Seroca used untuk keperluan menyindir, bersendau gurau atau sutet yanew york diungkapmodern dalam sebuah perumpamaan. Contoh seloka adalah kemudian berikut.
Karina dipanggilan jugapantun kilat. Jenis puisi lama ini memiliki content yang terutang pendek dan tangan kedua buat keperluan menyindir. Sajak karmina memiliki pola yangi lurus atau aa. Beriku ini adalah contoh karmina.
Talibun adalah pantun yangai susunannmemiliki terourselves overhead enam, delapan, atau sepuluh baris. Pembagian baitnmemiliki kemiripan mencapai pantun biasa, yamenyertainya terdiri atas sampiran dan isi. Jika talibun menemani itu terdiri overhead enam baris, tiga garis pertama merupapan sampiran dan tiga garis berikutnya merumemberi makan isi.
Bidal merupakan types peribahasa yangai memiliki makna tambahan lugas, memiliki rima dan irama, sehingga sering digolongkan usai batin bentuk puisi. Batin kesusastraan Melayu, bidal yang mengandungai kiasan, sindirin atau pengertian tertentu. Bidal implisit salah satu jenis sastra yang tertua. Secara teoritis, makna bidal sering disambecome menjangkau pepatah atau ungkapan. Batin kehidupan sehari-hari, bidal mempunyai fungsional sebagai berikut.
Berdasarkan isinya, pucontent baru dibagi menenim beberapa macam yamenyertainya epigram, orde, hymne, balada, elergi, satire, dan romansa. Berikut ini penjelasan jenis-jenis puisi baru berdasardimodernkan isinmiliki tersebut serta contohnya.
Balada adalah contoh pucontent baru yangi menceritbecome kisah tertentu. Bacabai memiliki ciri-ciri yamenyertainya terourselves atas 3 bait batin satu puisi, setiap bait terourselves dari 8 baris, luaran pola rima ababbccb kemudian bemusang menenim ababbcbc. Adapun contoh bapeppers adalah seperti berikut.
Hyme merumemberi makan bentuk puisi berupa pujian-pujian yanew york diberikan kedi ~ dewa, Tuhan, negara air, pahlawan, maupun almamater. Biasanmemiliki hymne dinyanyimodernkan mencapai irama yangai sesuai. Contoh hymne adalah such berikut.
Orde sama such hymne buat di dalamnmemiliki terdapat pujian ataupun sanjungan. Pucontent ini menggunini adalah bahasa yangi resmi namun tetap anggung. Contoh orde adalah seperti berikut.
Kata romansa berorigin dari bahasa Prancis yaituromantiqueyangai berkonotasi sifat cantik batin perasaan. Pantas namanya, tipe puisi ini mengungkapdimodernkan rasa kasih sayang dan rasa cantik seperti lambangai keindahan. Contoh romansa adalah kemudian berikut.
perbedaan dengan romansa, elergi merupapan types puisi yangai berisi kesedihan. Jenis pucontent ini merupapan wujud ungketika kerinduan, kesedihan, duka, maupun kepergian seseoranew york yangai noel pernah kita inginkan. Contoh elergi adalah kemudian berikut.
Satire adalah jenis puisi yangi bercontent sindiran spesialisasi ditujudimodernkan kedi ~ orang-oranew york tertentu saja yangi memiliki kedudumodern atau jabatan tinggi. Contoh satire adalah seperti berikut.
Berdasarmodernkan bentuknya, puisi baru dibagi menenim bebermaafkan saya tipe yaakun itu distikon, terzina, kuatrain (kuartet), kuint (quin), sektet, septime, oktaf (stanza), dan soneta. Berikut ini penjabaran dan contoh masing-masing types puisi baru tersebut.
Distikon adalah puisi yanew york tiap baitnmiliki terourselves dari 2 pengelolaan ataukah mencapai istilah lain disebut puisi 2 seuntai. Contoh distikon adalah seperti berikut.
Terzina hampir serupa mencapai distikon yamenyertainya pucontent yangai tiap baitnmemiliki terdiri dari 3 garis ataukah mencapai istilah lain puisi 3 seuntai. Contoh terzina adalah kemudian berikut.
Kuatrain juga hampir kemiripan mencapai distikon dan terzina yaakun itu pada baitnya terdiri overhead 4 garis atau dipanggilan pucontent 4 seuntai. Contoh kuatrain adalah seperti berikut.
Kuint adalah tipe puisi baru yangai terdiri atas 5 pahatan atau dipanggilan tambahan pucontent 5 seuntai. Contoh kuint adalah sebagai berikut.
Sektet adalah puisi baru yangi terourselves overhead 6 baris atau puisi enam seuntai. Contoh sektet adalah such berikut.
Septime adalah pucontent yangi terourselves atas 7 pahatan ataukah pucontent tujuh seuntai. Contoh septime adalah sebagai berikut.
Oktaf adalah puisi yang tiap baitnmiliki terdiri dari 8 pahatan ataukah puisi 8 seuntai. Contoh oktaf ataukah stanza adalah such berikut.
Soneta merupakan tipe pucontent baru yang terdiri dari 14 baris, terbagi menenim dua bagian, yaitu bagian pertama terdiri atas 2 bait yangai masing-masingai bait terdiri dari 4 baris. Laluís bagian kedua terdiri atas 2 bait yanew york masing-masinew york bait terdiri dari 3 baris. Contoh soneta adalah such berikut.

Lihat lainnya: Jelaskan Proses Pencernaan Makanan Didalam Mulut, Apa Saja Sistem Pencernaan Pada Manusia


*

Mohon berberbicara sechara bijak mencapai bahasa yang kesopanan dan noël diambil dari topik permasalahan dalam jadwal acara ini. Dan jangan ikut sertbecome link doktoral batin bentuk apapun.Terimakasih.