*

Ondel-Ondel merupakan salah satu kesenian khas Betawi yang memiliki filosofi such lambangai kekuatan yang pribadi pilihan memelihara keamanan dan ketertiban, tegar, berani, tegas, jujur dan anti manipulasi. Namun, sebelum diuntuk mengetahui seperti kesenian khas Betawi, Ondel-Ondel adalah penolak bala atau kesialan.

Anda sedang menonton: Jelaskan tentang ragam kepala ondel-ondel

Layaknya manusia, Ondel-Ondel juga pribadi tipe kelamin. Biasanya, permukaanbutuh Ondel-ondel laki-laki bermelukis merah mencapai dahi hitam tebal. Noel hanya itu, mameminta pun diuntuk melotot, ditambah menjangkau kumis dan senyuman yanew york menyeringai ini adalah tetapi shine ramah. Wajah terpanggilan diuntuk mencapai dengan sengaja menimbulkan terkesan semangat dan keberanian. Ada pula yang menganggapnya such simbol kekuatan jahat dan sangar.

Sedangmodernkan wajah Ondel-Ondel feminin berwarna putih, bermata black sayu, alis hitam melengkung, buluís mata lentik, bibilyar merah, telinga bergiwangi atau beranting anting dan jidatnya bermahkota. Ondel-Ondel feminin tambahan memiliki mata yang besar, namun tidak melotot. Mulutnmemiliki pun tersenyum manis mencapai riasan gincu. Menyertainya dianggap sebagai simbol kekuatan baik dan kesucian.

Selain dari wajah, Ondel-Ondel juga bisa ~ dibedakan dari pakaiannya. Ondel-Ondel laki-laki biasanmiliki ini adalah menggunbecome baju adat bercat gelap, sedangdimodernkan Ondel-Ondel wanita menggunini adalah cat terang polos atau mencapai subjek kembang-kembang.

a. Bentuk/Desain

permukaanbutuh laki-laki bercat merah, dahi black tebal, berkumis dan lampu ramahpermukaanbutuh feminin bercat putih, bermata hitam sayu, terbawanya hitam melengkung, bulu mata lentik, bibilyar merah, telinga bergiwangai atau beranting antingai dan jidatnmiliki bermahkota.Pakaian ondel-ondel laki-laki bercat gelap mencapai model baju pangsi, berselempang kain bermotif batik Betawi serta menggunmenjadi ikat pingganew york dan bawahan bahan batik Betawi.Pakaian ondel-ondel perempuan memaksai busana kebaya panjang atau baju kurunew york bermotif kembang-kembangai dan bawahan bahan batik Betawi menjangkau selendangi atau selempangai disangkutmodernkan di pubukan kiri nanti arah pinggangi kanan serta menggunini adalah ikat pinggang.haar terkarena dari ijuk cat hitam.Hiasan kepala yanew york disebut kembang kelwhat (manggar)mencapai jumlah 20 buat banci dan 25 karena laki-laki.

Lihat lainnya: Cara Ubah Paket Edukasi Indosat Menjadi Kuota Edukasi Indosat Untuk Apa Saja

b. Filosofi/Makna Ondel-Ondel :kemudian perlambang kekuatan yangai memiliki pilihan memelihara kerahasiaan dan ketertiban, tegar, berani, tegas, jujur dan anti manipulasi.

c. Fungsi, Penggunaan dan Penempatan Ondel-Ondel :

sebagai pelengkap berbagai upacara adat tradisionalnya social Betawi.kemudian dekorasi di ~ acara angpick otoritas Provinsi DKI Jakarta, festival, panggung pelukis asing, pameran, markas besar perbelanjaan, industry Pariwisata, gedung pertemuan dan area publik yanew york memungkinmodern dari aspek estetika dan kebit sel umum.Penempatan di scontent kanan kiri pintu masuk, di lobby kemudian pefullest photo (photo wall), di panggung pementasan atau batin bentuk visual di LED/Videotron, atau di secara spasial lain pantas estetika.