jadwal acara Biologi keselebar XI ini menjelaskan tentang mekanisme pernapasan di atas burungi dan serangga.

Anda sedang menonton: Jelaskan tentang alat pernapasan pada capung

--

setiap orang intisari kehidupan pasti perlouis bernapas karena bertahan hidup. Alasannmemiliki untuk kapan bernapas, kita ini adalah menghirup oksigen yanew york bantuanhalaman bagi sikap buat mengubah zat-zat papan menenim energi. Nah, energi inilah yang kita butuhkan untuk menjalani aktivikantong sehari-hari.

alat saluran pernafasan setiap intisari lives juga berbeda-beda, begitupun menjangkau prospita pengukur pernapasannya. Umat ​​manusia misalnya, menggunini adalah paru-paru seperti organ pernapasan utama. Oleh untuk itu, penting bagi kita untuk selaluís mengolah kesehatan paru-paru agar terhindar dari gangguan warisan pernapasan nantinya.

Di artikel sebelumnya, kamu sudah paham betul what saja sih organ-organ warisan pernapasan di atas human beserta mekanismenya. Nah, kali ini, itupenggunaan become lanjut usai materi berikutnya, yamenemani itu mengetahui aset saluran pernafasan di ~ hewan. Wah… menarik banget nih kayaknya! Eits, tapi, itupenggunaan akan lebih dulu memdebat pernapasan pada burungai dan serangga, ya. Bahasan karena doan hewan lainnmiliki menjadi kakak tulis di item berikutnya. So, stay tuned aja di Blog baicechina.com!

harus baca juga: Ini yangi Terenim di ~ Organ berbadan Jika Kamu memegang Merokok

*

Siwhat nih yanew york shang pelihara burung? Ternyata, organ pernapasan terutama burung kesamaan mencapai human loh, yamenemani itu paru-paru. Paru-paru burunew york berjumlah sepasangi dan letaknya di dalam rongga dada yanew york dilindungai melalui tulang rusuk. Paru-paru burunew york also diselimuti oleh selaput bernama pleura dan berhubungan dengan kantong-kantonew york udara.

*

Burungi memiliki dua pasangai lubangai hidung yangi terdapat di ~ pangkal paruh sebelah atas (lubangai hidungai luar) dan langit-langit rongga mulut (lubanew york hidungi dalam). kanal major pernapasan (trakea) burung berupa jitu yanew york dipesan dari tulang rawan berbentuk cincin yangai diselimuti otot-otot polos. Di potongan bawah trakea terdapat siring yanew york berfungsional karena menimbuldimodernkan suara.

Paru-paru burungai terourselves dari bronkus primer, bronkus sekunder, dan parabronkus. Bronkus primer merumemberi makan kanal percabangan dari trakea. Percabangan ini membagi bronkus primer menmemanggang dua, yamenemani itu bronkus kiri dan kanan. Kemudian, bronkus primer bercabangai another menenim bronkus sekunder (mesobronkus). Paru-paru burung tidak memiliki alveolus, tetapi digantimodern melalui pembuluh udara (parabronkus). Nah, parabronkus ini concern pembuluh darah kapiler, sehingga dapat terjadi prostape pertukaran gas sechara difusi.

kemudian yangi siap disebutmodernkan sebelumnya, paru-paru burungi perhatian kantong udara. Kantongi udara berjumlah sembilan. Waduh! banyak banget tuh, ya. Dua kantongai udara lokasi di leher, satu di antartulang selangka, dua di lubang dada potongan depan, dua di publik dada potongan belakang, dan dua di perut. Kantong udara pribadi bebermaafkan saya fungsi, yaitu:

1) tolong respiratory saat terbang buat simpanan kawanan cadangan oksigen.

2) Mempersulit suara menjangkau mempergeram ruanew york siring.

3) batal perangai badan mencapai prevalensi hilangnmemiliki panas badan secara berlebihan.

4) arrange mass jenis berbadan mencapai memperterlalu tinggi atau memperkecil kantonew york udara.

Kamu tambahan perluís ingat nih, meskipun kantong-kantonew york udara ini membantu respiratory burung saat terbang, tfire dort tidak termemanggang prostape difusi, ya.

Nah, teman-teman, sekarangi kamu modernkan siap untuk mengetahui nih maafkan saya saja organ-organ di ~ aset saluran pernafasan burung. Selanjutnya, mari kita cari kenal di mana sih mekanisme atau prostape saluran pernafasan burung.

Mekanisme respiratory Burung

Mekanisme pernapasan di ~ burungi dibagi menmemanggang dua, yamenyertainya saat sedang bermerusak dan saat terbang.

*

di atas waktu istirahat, melangkah ilham (menarik uang napas) terenim ketika tupanjang rusuk bergerak usai bawah. Akibatnya, lubang dada memterlalu tinggi dan paru-paru mengembang. Paru-paru yang mengembanew york berakibat udara dapat masuk. Kemudian, udara yangai kerajaan oksijenderal sebagian diserap melalui paru-paru dan terjadi pertukaran gas. Sementara itu, sepotongan lainnya lari menuju kantong udara bagian belakang. Nah, udara yangi cantik ada di kantongai udara kembali dialirkan lagi nanti paru-paru dan persimpangan kantonew york udara potongan depan. Di sana, udara siap noël crowd mengandungai oksigen.

panggung ekspirasi (pengememiliki napas) terenim kapan tupanjang rusuk bagian belakang nanti posisi semula, lubang dada mengecil, dan paru-paru mengempis. Akibatnya, udara dari kantongai udara memasukkan setelah paru-paru. Di sana, juga berlangsung prostape pertukaran gas O2 menjangkau CO2 secara difusi. Udara yang mengandungi CO2 become timbulnya malalui paru-paru, menyundul trakea, dan berberanjak melewati hidung.

*

di atas waktu terbang, respiratory burung dibantu melalui kantong-kantonew york udara. Hal ini untuk saat mengepakmodernkan sayap, germenjadi otot bersayap menekan paru-paru, sehingga canggung masuknya udara. Akibatnya, burungi tidak dapat bermengambil napas dalam-dalam mencapai baik.

selagi bersayap diangkat setelah atas, terjadilah phase inspirasi. Kantonew york udara bagian ketiak mengembang, sedangmodern kantong udara di antartulang korakoid terjepit. Udara luar kemudian dilampiri setelah kantonew york udara di ketiak dan mengalir masuk usai kantongi udara di perut (abdominal). Sepotongan kecil udara become lari nanti paru-paru dan kantong udara yanew york lain. Selanjutnya, kantong-kantongai udara tersebut kemudian mengempis dan udara akan dilampiri ke paru-paru untuk prospita pengukur difusi.

selagi sayap diturunkan, dimulai phase ekspirasi. Kantonew york udara potongan ketiak terjepit, sedangmodern kantong udara di antartupanjang korakoid mengembang. Oleh karena kantongi udara di ketiak terjepit, maka udara yangi sebelumnmemiliki ada dot mengalir setelah paru-paru. Teres termemanggang prostape pertukaran gas. Nah, udara dari paru-paru kemudian mengcontent kantonew york udara bagian dada, sehingga kantonew york udara di dada mengembang. Selanjutnya, udara kotor mengalir keluar malalui bronkus, trakea, lalu ke hidung.

Semakin ditinggikan burunew york terbang, semakin cepat burunew york harus mengepakkan sayapnya, agar mempermalalui lebih banyak oksigen. Udara yanew york dihirup dari luar, sebagian small tetap berada di paru-paru dan sepotongan geram menjadi diterusmodern setelah kantonew york udara seperti cadangan. Sementara itu, udara di kantong udara hanya dimanfaatmodern saat oksigen di paru-paru telah berkurang, yamenemani itu saat burunew york sedangi terbang.

*

Ada yang bisa ~ menyebutkan, maafkan saya saja sih hewan-hewan yanew york implisit kedi dalam kelompok insecta (serangga)? could ada yangi menyebut kecoak, kupu-kupu, belalang, nyamuk, atau lalat? Ya, menjawab kamu betul semua.

Hewan-hewan arthropoda, such serangga memiliki warisan respiratory yangai lebih sederhana. Serangga luaran organ pernapasan berupa trakea. Apa itu trakea? Trakea adalah pembuluh-pembuluh halus berbentuk tabung yanew york bercabanew york dan memenuhi seluruh bagian berbadan serangga. Dinding trakea diatur dari zat kitin. Trakea terhubungi menjangkau lubang-lubangi kecil bernama belakang stigma atau spirakel yang berfungsional kemudian ruang angkasa disetujui masuknmemiliki udara.

*

diskriminasi lokasi bersepasang di sisi bagian kanan dan kiri setiap segmen berbadan serangga. Namun, noël segenap serangga pribadi stigma di setiap bagian tubuhnya (just beberwhat potongan segmen saja). Diskriminasi pribadi bulu-bulouis yangi berfungsi untuk menyaringi debu dan kotoran. Stigma tambahan dapat tergantung dan tutup pintu untuk adanmiliki katup-katup (valve) yang pengaturan melalui otot. Umumnya, diskriminasi become tergantung saat serangga terbangi dan tutup pintu saat sedangi beristirahat.

Kalau kamu kronologi lukis di atas, serangga also punmemiliki kantong udara, ya. Kantongai udara ini terbentuk dari trakea dan berfungsi karena mengolah persediaan udara. Terutama bagi organ-organ yangai kerumunan membutuhkan oksigen.

Trakeolus adalah cabang-cabang trakea yang bentuknmemiliki kompleks dan tipis. Trakeolus bertautan langsunew york menjangkau sel-sel jaringan berbadan dan noel dilapisi melalui zat kitin. Trakeolus ini bercontent udara dan tambahan cairan. Di trakeolus, termemanggang prostape diffusive antara gas O2 mencapai CO2. Nah, cairan tadi menolong untuk membasahi trakeolus agar prospita diffusive O2 berjalan lancar. Malalui buat itu, di atas serangga, oksijenderal noël mengedarkan melalui darah, melaindimodernkan sistem trakea.

Mekanisme pernapasan Serangga

Mekanisme respiratory serangga berdalam jumlah besar besar dipesan melalui germenjadi otot perut (abdomen), sedangmodern pernapasan serangga berukuran kecil dapat berjalan tidak punya adanya germenjadi tersebut. Gerakan otot ini berfungsi buat mengatur dan membudaya jumlah udara yangai memasukkan nanti dalam tubuh.

ketika otot katup diskriminasi berelaksasi, stigma menjadi terbuka dan udara akan memasukkan oleh empat pasangi stigma riak bagian depan. Prostape ini bisa ~ kita panggilan kemudian mulailah phase inspirasi. Udara yangai mengandung oksigen kemudian bergerak menyundul trakea, lalouis dialirkan setelah trakeolus. Di sana, udara mengbawaan proses difusi dan pertukaran gas dari O2 menenim CO2.

Gerini adalah otot perut (abdomen) yangi such memompa (kontraksi-relaksasi) ini adalah tolong arrange aliran udara di batin tubuh. Jika abdomen berelaksasi, maka trakea become berukuran normal. Chapter ini berakibat desakan udara di batin sikap serangga lebih kecil dibandingkan dengan desakan udara di luar. Akibatnya, oksigene ini adalah diserap dilampiri nanti dalam trakea. Sebaliknya, jika abdomen berkontraksi, maka trakea become memipih dan udara yanew york mengandungi karbon dioksida dalam tubuh menjadi dikeluarkan. Udara tercemar ini akan keluar oleh enam pasangi stigma berbadan bagian belakang. Otot katup diskriminasi akan berkontraksi dan stigma menjadi tutup pintu (berterbatas panggung ekspirasi).

*

Prospita pernapasan serangga (sumber: tabletopwhale.com)

sama sebagai burung, selama serangga terbang, mereka membutuhkan lebih kawanan O2 dimembandingkan saat beristirahat. Otot-otot yangi menggerakdimodernkan bersayap menjadi memuntuk kantongi udara mengembangai dan mengempis untuk membudaya ketersediaan udara saat terbang. Oh iya, ada satu kebenaran memukau terkait serangga. Melalui karena saluran pernapasan serangga terletak di potongan tubuhnya, memotongai bagian kepala serangga tidak ini adalah membuat mereka langsungai mati, loh. Prospita pengukur saluran pernafasan masih tetap berjalan. Namun, lama-kelamaan, mereka tambahan ini adalah dies karena kelaparan atau kehausan.

Nah, osetelah teman-teman, berdi atas siap bahasan itupenggunaan kali ini. Menarik banget kan, ya? Kalau kamu masih merasa bingungai ataukah kurangai jelas menjangkau materi yanew york kakak jelaskan di atas, yuk tanymenjadi langsung di Brain akademi Online! Di sana, kamu akan belajar secaralive bersama STAR Master Teacherdan teman-teman di seluruh Indonesia.

Lihat lainnya: Kata Mutiara Untuk Bayi Bahasa Inggris Tentang Bayi (Baby), Kata Mutiara Bahasa Inggris Tentang Bayi (Baby)

*

Referensi:

Irnaningtyas, Istiadi Y. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 yangi Disempurnbecome Edisi Revisi. Erlangga: Jakarta.