baicechina.com, jakarta - Teks eksplanasi adalah teks yangi bercontent tentang prospita mengwhat dan bagaimana itu? suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnmemiliki bisa terjadi.

Anda sedang menonton: Jelaskan ciri-ciri teks eksplanasi

Teks eksplanasi tak hanya sekadar memberidimodernkan penjabaran tentang fenomena alam, melaindimodernkan tambahan tentangai fenomena yang termemanggang di dalam hayatnya sehari-hari.


Peristiwa alam maupun sosial yang terenim di kyung kita, selaluís mempunyai menghubung sehal sebenarnya dan proses. Hal tersebut untuk mengetahui mengmaafkan saya kejadian terpanggilan sanggup terjadi.

Jadi, hasil dari teks eksplanasi ialah buat demisioner fenomena alam ataukah sosial yangi terenim dan demisioner sebab-akibat suatu peristiwa tersebut.

mungkin akun itu sekilas penjelasan mengenai teks eksplanasi. Untuk mengetahui dan dipahami lebih batin dan jernih tentanew york teks eksplanasi, mungkin memdibaca ciri-ciri, struktur, hingga contohnya.


2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi


*

1. Strukturnmemiliki terdiri dari penyataan umum, urutan sehalaman akibat, serta interpretasi.

2. Informasi yang dimuat dengan berdasarmodernkan sebenarnya (faktual).

3. Faktual tersebut memuat insula yangi sifatnmemiliki akun itu ilmiah/keilmuan, contohnya kemudian sains.

4. Sifatnya informatif serta noël berusaha buat efek pemharus baca untuk bisa percaya terhadap hal yangai dibahas.

5. Memiliki/menggunbecome sequence markers. Contohnmiliki pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. Mungkin also menjangkau menggunakan: pertama, berikutnya, terakhir.


3 dari 5 halaman

Tujuan, struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi


*

figure menulis. (dok. Pixabay.com/Asnida Riani)
hasil Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki tujuan untuk menyuguhmodern insula yang rinci terhadap para pemdibaca agar dipahami suatu fenomena alam atau sosial yangai terjadi.

structure Teks Eksplanasi

Pernyataan umum

Berisidimodernkan pernyataan umum mengenai/tentang topik yangi akan minuman di atas prospita prostape terjadinya/proses keberadaan.

Urutan sechapter akibat

Berisi penjelasan mengenai prostape terjadinmemiliki fenomena yangai disajikan secara urut atau bertahap dari yanew york paling awal sampai akhir.

Interpretasi

Bercontent kesimpulan dari topik yanew york telah dijelaskan.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

- konsentrasi di ~ chapter umum (generic), bukan berkonsentrasi partisipan manusia (nonmanusia participants). Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, serta udara.

- Dimungkinmodern karena menggunakan istilah ilmiah. Lebih crowd menggunmenjadi verba material serta verba relasional (kata kerja aktif).

- Menggunbecome konjungsi waktu dan kausalitas. Contohnya: sehingga, pertama, jika, bila, sebelum, dan kemudian.

- Menggunini adalah kalimat pasif.

- Eksplanasi ditulis karena memuntuk justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan dengan sechara kausal itu tepat adanya.


*

Langkah-langkah Menyusun Teks Eksplanasi

1. Menentukan topik yang menarik

tentukan fenomena alam, sosial, atau budaya yangai mau disajikan. Misalnya, prospita pengukur terjadinmemiliki pasangai surut air laut.

2. Membuat rancangan kernomor teks

Buatlah kernomor karangan berdasarmodern structure teks eksplanasi, yamenemani itu identifikasi fenomena, pengmenyeluruh rangkaian kejadian, dan ulasan.

3. Mengumpulkan referensi

Cantumkan fact dan data yang kamu kumpulkan pada bagian penggambaran rangkaian kejadian.

4. Timbul teks

Kembangkan kernumeral karangan hingga menenim teks eksplanasi yangai utuh.

5. Menyuntinew york teks

mengujinya dan baca kembali teks yanew york telah kamu buat. Suntinglah jika ada ada sentence yangi noel sesuai atau kesalahan di dalam penulisan.


*

tanah Longsor

Longsor ataukah sering dipanggilan gerakan negara adalah suatu peristiwa geologi yanew york terenim untuk pergermenjadi masa batuan atau negara mencapai berbagai tipe dan types kemudian jatuhnmemiliki bebatuhan ataukah gumpalan terlalu tinggi tanah. Sechara umum kejadian longsor disebabkan malalui dua faktor, yaitu faktor pendorongai dan faktor pemicu. Faktor pendorongai adalah faktor-faktor yangi memengaruhi kapak material, sedangdimodernkan faktor pemicu adalah faktor yanew york menyebabkan bergeraknmemiliki material tersebut.

Meski penyehal terutama kejadian ini adalah gravitasi yang berefek suatu lerengai yangai curam, ada pula faktor-faktor lainnmemiliki yanew york turut berpengaruh, di antaranya erosi, lerengi dari bebabapak dan negara yanew york diperlemah melalui saturasi yangi diakibatmodernkan hujan lebat, dan gunung berapi yang menciptmenjadi tabungan debu yang lengang, hujan lebat, dan aliran debu-debu.

Ada kawanan halaman yangi bisa dilakumodernkan untuk mencegah tanah longsor, kemudian noel memuntuk cekungan atau persawahan di atas lereng, tidak menaikkan rumah under tebing, jangan menebangai sanose di tentang lereng, jangan memotonew york tebing secara bertegangan lurus, dan noël ditanggapi bangunan di circa sungai.

Lihat lainnya: Keunggulan Oli Prima Xp 10W-40, Prima Xp 10W

 

 

Sumber: Pendidikan, Kelaspintar


berita video klub liga China, Guangzhou Evergrande, memehijau pemainnya, Yu Hanchao, karena ia aku menemukannya mengubah pelat angka kendaraannya.